Pasang iklan

113 Perusahaan Ajukan Penangguhan UMK, 36 di antaranya Lulus Verifikasi

...

Gema.id Jabar, Bandung – Sebanyak 113 perusahaan mengajukan penagguhan Upah Minuman Kota/Kabupaten (UMK) Tahun 2020 dan kini sebanyak 36 perusahaan telah dinyatakan memenuhi kelengkapan persyaratan penangguhan UMK sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 231 Tahun 2003 tentang Tata Cara Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum.

Hingga saat ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan verifikasi lapangan kepada perusahaan yang mengajukan penangguhan UMK Tahun 2020.

“Ga serta merta ditetapkan, harus verifikasi dulu,” kata Kepala Dina Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jabar, M. Ade Afriandi, dilansir dari Tempo, Senin (13/1/2020).

Pada awalnya sebanyak 35 perusahaan dinyatakan lulus, dan sisanya 78 perusahaan dokumennya belum melengkapi persyaratan adminitrasi. Sehingga belum bisa secara pasti untuk bisa mendapatkan penangguhan. Namun kini jumlah itu bertambah menjadi 36, dan kemunkinan jumlahnyabisa bertambah lagi jika syarat perusahaan terpenuhi

“Kami melakukan verifikasi lapangan dari tanggal 8 dan 9 kemarin. Sebelumnya pada 6 dan 7 Januari kami lakukan verifikasi administrasi,” kata  Ade.

Diakui  perusahaan yang melakukan penangguhan UMK dalam dua tahun terakhir kebanyakan perusahaan garmen.

“Selama dua tahun hal itu terjadi, dari data ternyata selama dua tahun terjadi down size, tutup operasi ada di garmen, dan itu tak bisa dihindari, ujarnya.

Untuk penangguhan UMK setidaknya ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon dalam hal ini perusahaan, syarat berdasarkan Permenaker 231, yakni; kesepakatan perusahaan dengan pekerja, transparansi soal laporan finansial atau keuangan perusahaan hasil audit akuntan publik dan orderan atau pesanan pembeli selama dua tahun terakhir.

Meski demikian penangguhan pembayaran upah minimum oleh pengusaha kepada pekerja/buruh tidak serta-merta menghilangkan kewajiban pengusaha untuk membayar selisih upah minimum selama masa penangguhan.

Tinggalkan komentar